Belajar Internet

Internet

Apa itu internet ?  Emangnya yang di depan kamu ini apa ?  saat ini kamu sedang mengakses internet. Saat ini juga, kamu bisa mendapat informasi yang tanpa batas alias sangat banyak.

Internet (International Network, Interconnected Network) atau biasa kita sebut dunia maya. Dunia ini sebenarnya tidak ada, namun tampak seperti dunia nyata. Seperti halnya di dunia nyata, di sana kamu bisa melakukan hampir semua hal mulai dari belanja, cari software, cari informasi, telpon, sms, chating, cari jodoh, obat dan masih banyak lagi yang tetunya seperti dunia nyata sisi negatipnya pun banyak, untuk itu kita harus pandai-pandai memfilter dan memproteksi diri agar tidak terjerumus di lembah negatif dunia maya.

Sebelum tahun 90-an kita membuthkan waktu yang lama bahkan ada yang sampai berminggu-minggu untuk menyampaikan surat. Sekarang, surat yang kita kirim ke belahan dunia manapun bisa sampai dalam hitungan detik dengan biaya yang sangat murah. Sekarang kita tidak perlu lagi antri di Bank untuk transfer uang, atau antri di loket-loket pembayaran listrik, telpon, tiket dan sebagainya, kenapa ?, ya…semua itu bisa dilakukan via Internet. Kita tidak perlu lagi membeli buku yang mahal dan tebal, kita bisa cari e-book gratisan di Internet yang tidak kalah kualiatas isinya.

Secara harfiah  internet (kependekan daripada perkataan ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.

Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Cara mengakses dan memulai Internet

angkah pertama : Click salah satu browser di bawah ini untuk memulai akses internet karena internet pada umumnya tidak bisa dibuka tanpa program browser.

Logo Icon Browser

Nama Browser

images

Internet Exploler

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox

images1

Opera

Safari

Safari

Google Chrome

Google Chrome

Setelah itu tulis alamat situs/ website pada kolom address misalnya untuk mengakses Google, tulis http://www.google.com atau http://www.google.co.id; untuk mengakses Yahoo, tulis http://www.yahoo.com atau http://www.yahoo.co.id; dan lain-lain. Untuk beberpa browser bisa juga ditulis tanpa “www” bahkan tanpa http://www adapula yang suport huruf besar atau kecil, namun sebaiknya gunakan huruf kecil semuanya. Berikut ini kami lampirkan beberapa situs/ website beserta alamatnya :

No

Nama Website

Alamat WebSite

Content/Isi

1

Youtube

http://www.youtube.com

Video

2

Friendster

http://www.friendster.com

Komunitas Persahabatan

3

Keep Video

http://www.keepvid.com

Situs untuk mendownload file video

4

SCTV

http://www.sctv.co.id

Televisi Swasta

5

Anis Fahrunisa Dot Com

http://www.anisfahrunisa.com

Pelajaran Internet, HTML, CSS, dan Photoshop

6

Google

http://www.google.com

Mesin Pencari

7

Yahoo

http://yahoo.com

Mesin Pencari

8

MSN

http://www.msn.com

Mesin Pencari

Pada jama-jam tertentu situs-situs seperti Yahoo, Youtube, Friendser biasanya agak lambat, hal ini disebabkan karena ratusan juta orang mengakses situs yang sama sehingga trafik data menjadi padat dan sibuk.

Salah satu manfaat Interne tadalah adanya surat elektronik etau e-mail (electronic mail) dimana kita bisa mengirim surat ke berbagai belahan dunia dalam hitungan detik. Ada berbagai e-mail berbayar dan gratis dengan berbagai kelebihan dan kekurangan. Beberapa contoh email-gratis diantaranya :

No

Nama Email

Alamat Email

Situs Pemilik E-mail

1

gmail

namaanda@gmail.com

Google

2

ymail

namaanda@ymail.com

Yahoo

3

telkom

namaanda@telkom.net

Telkom

4

mailcity

namaanda@mailcity.com

Mailcity

5

astaga

namaanda@astaga.com

Astaga

6

plasa

namaanda@plasa.com

Plasa

Pelajaran lebih lanjut click salah satu list di bawah ini :

Kalau kurang jelas atau masih belum mengerti silahkan tanyakan masalahnya pada menu komentar disertai e-mail anda, atau tanyakan langsung ke Barudak Comet di Comet Computer.

Mudah-mudahan bermanfaat.

—–ooOoo—–

%d blogger menyukai ini: