Oleh: Yuda Isparela | April 20, 2013

Ujian Nasional Perlu Dihapus

Tulisan ini sekedar opini pribadi penulis berkaitan dengan pelaksanaan “proyek” Ujian Nasional. Berita penting, panas, perlu dan seruu ini saya tulis berdasarkan pengamatan dari beberapa sekolah dan dari beberapa media televisi swasta di Indonesia.

Usai sudah pelaksaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meskipun untuk beberapa daerah pelaksanaannya tidak serempak. Banyak peristiwa aneh menjelang pelaksanaan Ujian Naional seperti soal-soal UN banyak yang rusak dan sobek, soal ujian sampai tidak tepat waktu, beberapa kemasan soal seperti terlihat sudah terbuka, adanya soal ujian yang mendadak difotokopi.

Kejadian-kejadian tersebut dapat mengakibatkan kecurigaan masyarakat khususnya siswa peserta ujian, orangtua siswa dan para praktisi pengajar (guru). Kecurigaan ini tentu bukan tanpa alasan, mereka curiga adanya kebocoran soal-soal ujian. Belum lagi perusahaan pemenang tender percetakan soal ujian yang terlihat itu-itu juga setiap tahunnya. Hal ini dapat menimbulkan kecurigaan korupsi yang dilakukan pihak-pihak pemerintah yang tidak bertanggungjawab terkait pengadaan soal Ujian Naional.

Kalau kita perhatikan melalui kamera CCTV di salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan proses berlangsungnya UN di salah satu sekolah.  Para peserta terlihat membawa catatan kecil untuk mencontek bahkan ada yang dapat berkomunikasi melalui ponsel dari orang yang tidak dikenal. Disamping itu, pengawas independen terllihat santai-santai saja sambil membaca koran di depan para peserta UN. Mereka mungkin hanya melaksanakan tugas tanpa perlu mengawasi proses berlangsungnya Ujian Nasional.

Itu sebabnya Ujian Nasional perlu dihapus karena selain memakan biaya sangat besar, juga dapat mengundang terjadinya korupsi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Nilai yang diperoleh para siswa pun tidak bisa dijadikan acuan dan prestasi karena banyak pelanggaran yang terjadi saat proses UN. Ujian Nasional terlihat tidak murni dan cenderung dipaksakan. Entah apa alasannya yang jelas saat ini Ujian Nasional perlu dihapus sehingga dana milyaran rupiah tersebut dapat disalurkan untuk kepentingan lain yang dianggap lebih penting dan perlu.

Menrurut Anda, apakah Ujian Nasinaol perlu dihapus?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: